TEMU ALUMNI ‘PASCASARJANA UIN MATARAM’

TEMU ALUMNI ‘PASCASARJANA UIN MATARAM’

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MATARAM
PASCASARJANA
alan GajahMada 100, JempongBaru, Mataram, 83116
Website: www.uinmataram.ac.id, Email: pascasarjana@uinmataram.ac.id

 

 

Nomor   : 391/Un.12/PP.00.9/PS/04/2018
Lamp.    :  –
H a l       : Undangan Temu Alumni Pascasarjana UIN Mataram

Yang Terhormat
Para Alumni Pascasarjana UIN Mataram Semua Angkatan
di –
tempat
Assalamu’alaikumWarahmatullahiWabarakatuh

Alhamdulillah semoga kita selalu sehat dan dimudahkan segalaurusan. Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad, keluarga, sahabat, dan pengikutnya. Amin.
Denganini, kamimengundang Ibu/Bapak untuk menghadiri Temu Alumni Pascasarjana UIN Mataram pada,
Hari,Tanggal         : Rabu, 18 April 2018
Tempat                  : Aula Pascasarjana
Waktu                     : 14.00 – selesai
Demikian dan atas kehadiran Ibu/Bapak, kamihaturkanterimakasih.
Wassalamu’alaikumWarahmatullahiWabarakatuh

                                                                                                   Mataram, 2April 2018

Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana UIN Mataram

Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana UIN Mataram

Pascasarjana UIN Mataram menerima pendaftaran mahasiswa baru dengan cara online dan cara manual. Salinan berkas dengan cara online dilakukan dengan scanning dokumen, sedangkan salinan dokumen dengan cara manual dilakukan dengan mengopi dokumen. Semua mahasiswa yang dinyatakan diterima harus menunjukkan dokumen aslinya pada saat pendaftaran ulang sebagai mahasiswa baru.

Persyaratan Pendaftaran
Persayaratan pendaftaran meliputi
1. Fotokopi ijazah S1/S2 yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
2. Fotokopi SK akreditasi program studi S1/S2;
3. Fotokopi transkrip nilai dengan IPK minimal 3.00;
4. Fotokopi KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku (1 lembar);
5. Pas foto ukuran 3 x 4 dan 2 x 3 berwarna, masing-masing 4 lembar;
6. Daftar Riwayat Hidup;
7. Surat rekomendasi dari instansi dan/atau dua orang doktor;
8. Surat pernyataan kesanggupan membayar kuliah (materai 6000);
9. Surat izin studi atau surat tugas belajar dari instansi tempat bekerja (bagi mahasiswa sudah bekerja);
10. Surat pernyataan kesanggupan menaati aturan (materai 6000);
11. Surat keterangan sehat dari dokter yang berwenang;
12. Proposal tesis atau proposal disertasi sebanyak 3 (tiga) rangkap; dan
13. Membayar biaya ujian masuk.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi :
Contact Person :
Ita (0877-6557-7077)

Informasi Pendaftaran PMB Secara Manual/Offline dan Online Selengkapnya.

MENAKAR MASA DEPAN GENERASI MILENIAL

MENAKAR MASA DEPAN GENERASI MILENIAL

Pascasarjana Universitas Islam Negeri Mataram menggelar Studium General yang mengedepankan tema “Penguatan kapasitas mahasiswa Pascasarjana di Era Milenial” dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. M. Arskal Salim, Direktur PTKIN, yang diikuti oleh 127 mahasiswa di Aula Pascasarjana pada hari Sabtu, (17/02).

Ketua Panitia Dr. Muslihun dalam laporannya menyatakan bahwa kuliah umum ini sebagai kegiatan rutin dilaksanakan setiap awal semester sesuai dengan kalender akademik, hal tersebut sangat penting guna memberikan motivasi dan suplemen kreatifitas berfikir bagi para mahasiswa pascasarjana.

Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Suprapto dalam sambutanya menyatakan bahwa generasi millennial adalah generasi muda seperti mahasiswa pascasarjana yang suka tantangan dengan akses serba cepat. Oleh karena itu, pascasarjana juga berbenah diri, selalu berusaha lebih adaptif dalam menafsirkan setiap perkembangan.

Rektor UIN Mataram diwakili oleh Wakil Rektor satu Dr. H. Mansun Tahir berterimakasih atas kesempatan spesial dari Prof. Dr. M. Arskal Salim Direktur PTKIN. Kehadiran beliau hari ini merupakan satu kehormatan, selanjutnya akan memberikan pemahaman mengenai peluang dan tantangan sebagai mahasiswa di era milenial untuk selalu berpikir kritis dan analitis.

Lebih lanjut Dr. H. Masnun menegaskan bahwa nilai-nilai generasi millennial menitik beratkan pada kualitas dan efisiensi. Mahasiswa sebagai generasi milenial dapat dilihat dari karakter yang selalu memiliki semangat, kerja keras, fokus, banyak ide dan gagasan, serta ketekunan.

Direktur PTKIN Prof. Dr. Arskal Salim mengawali materinya dengan menyatakan bahwa seiring waktu terus berjalan dan era terus berubah, termasuk di perguruan tinggi sekarang ini harus mampu menghadapi generasi milenial. Oleh karena itu, generasi millennial sangat penting untuk masa depan pendidikan.

Lebih lanjut Prof. Arskal menegaskan bahwa tantangan bagi mahasiswa untuk lebih kreatif dan inovatif, serta memaksimalkan waktu untuk belajar, fokus dalam mengembangakn penelitian sebagai upaya meningkatkan “professional skills”.

Mengkhiri materinya, Direktur PTKIN menyatakan bahwa Pascasarjana UIN mataram telah mampu menakar masa depan generasi milenial, meskipun masih tergolong berusia muda, namun sangat berpotensi menjadi pascaarjana papan atas di tingkat Nasional, bersanding dengan pascasarjana lain yang sudah lama berdiri. (Adita@humasuin)

WORKSHOP PENAJAMAN VISI – MISI

WORKSHOP PENAJAMAN VISI – MISI

Pascasarjana UIN Mataram menggelar Workshop Penajaman visi, misi, tujuan dan sasaran prodi pascasarjana yang menghadirkan Direktur PTKIN Prof. Dr. M. Arskal Salim dan juga Tim Ahli Prof. Dr. Azyumardi Azra, M.A pada hari Sabtu (18/02).

Ketua panitia workshop Dr. Iwan menyatakan, penajaman visi, misi, tujuan dan sasaran yang baik memerlukan kajian lebih mendalam yang bukan hanya melibatkan tim internal pascasarjana UIN mataram, tetapi juga tim eskternal serepresentatif mungin.

Lebih lanjut Iwan menegaskan, selain direktur PTKIN dan tim ahli, kegiatan ini juga menghadirkan ketua LPM, dosen, perwakilan mahasiswa, pejabat kementrian agama, kepala madarasah dan beberapa kasubag rektorat.

Direktur Pascasarjana Prof Suprapto sangat berterimakasih atas kehadiran Bapak Direktur PTKIN Prof. Dr. M. Arskal Salim dan Prof. Dr. Azyumardi Azra, M.A, yang tetunya dapat memberikan kontribusi pemikiran terbaik berkaitan dengan visi dan misi yang ideal sebagai penajaman dari visi sebelumnya.

Lebih lanjut Prof. Dr. Suprapto dalam pengantarnya menyampaikan bahwa pascasarjana berada di bawah institusi UIN Mataram, maka prodi pun harus mampu menterjemahkan visi dan misi institusi.

Direktur PTKIN menyampaikan bahwa visi dan misi yang baik harus menunjukkan distingsi yang dibarengi dengan grand concept yang unik, khas dan memikat sehingga dapat menunjukkan keunikan dan keistemewaan sebuah lembaga.

Prof. Dr. Azyumardi Azra, M.A, menyatakan bahwa pascasarjana UIN mataram diharapkan bisa menjadi lembaga yang mengusung “dekompartmentalisasi keilmuan” yang mengedepankan prinisp bahwa semua ilmu penting agar tidak menganak-emaskan ilmu yang satu dan dan menganak tirikan yang lain.

Lebih lanjut Prof. Azra menegaskan bahwa paradigma teaching institution perlu dirubah menjadi research based university. artinya bahwa seluruh kebijakan perkuliahan diorientasikan untuk dapat menghasilkan mutu riset yang berkualitas. Wallahu A’lam (Iwan-Adita@humasuin)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB PASCASARJANA UIN MATARAM

VISI TAHUN 2020
Menjadi program studi magister pendidikan bahasa Arab yang unggul dan integratif dalam tata kelola dan kajian keilmuan, keislaman, dan peradaban.

MISI
1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan bahasa Arab program magister dengan tata kelola dan proses yang inter dan multidisipliner;
2. Melaksanakan penelitian dan kajian ilmiah dalam bidang pendidikan bahasa Arab yang mengintegrasikan ilmu-ilmu bahasa Arab dengan sains, teknologi, humaniora, Islam, dan peradaban;
3. Melaksanakan pengabdian dalam bidang pendidikan bahasa Arab untuk mewujudkan masyarakat yang maju, toleran, dan beradab; dan
4. Menjalin kerjasama dalam bidang bahasa Arab dengan berbagai pihak demi terwujunya tridharma perguruan tinggi.
TUJUAN
1. Menghasilkan magister pendidikan bahasa Arab yang kompeten, terampil dan terbuka terhadap perkembangan ilmu pengetahuan baik secara internal bidang ilmu-ilmu Bahasa Arab maupun dalam relasi eksternal dengan perkembangan sains dan teknologi secara global;
2. Menghasilkan karya-karya penelitian yang berdampak luas pada pengembangan pendidikan Bahasa Arab seraca teoritis dan praktis di tingkat lokal dan nasional;
3. Berpartisipasi aktif dalam memasyarakatkan bahasa Arab dengan memanfaatkan karya-karya kreatif dan inovatif untuk mewujudkan masyarakat yang terkoneksi dengan dunia Arab-Islam dan perkembangan global; dan
4. Mewujudkan kerjasama saling menguntungkan dengan berbagai pihak dan pemangku kepentingan untuk mengembangkan pendidikan bahasa Arab di Indonesia.
SASARAN
1. Menghasilkan lulusan magister bahasa Arab yang selesai tepat waktu sekurang-kurangnya 80%;
2. Menghasilkan sekurang-kurangnya 10 tesis bidang pendidikan bahasa Arab yang dipublikasikan oleh penerbit nasional setiap tahun;
3. Sekurang-kurangnya 25% hasil penelitian karya ilmiah mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab program magister dan dosennya dikutip oleh masyarakat akademik; dan
4. Mewujudkan sekurang-kurangnya 1 proyek percontohan pengembangan pendidikan Bahasa Arab setiap tahun.

PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM PASCASARJANA UIN MATARAM

VISI TAHUN 2020
Terdepan dalam penyelenggaraan prodi komunikasi dan penyiaran Islam dengan tata kelola yang baik dan berdaya saing nasional dalam mengembangkan kajian Islam, sains, teknologi,dan peradaban secara integratif.
MISI
1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan komunikasi dan penyiaran Islam yang mengintegrasikan kajian Islam, sains, teknologi, dan peradaban;
2. Melaksanakan penelitian dan kajian ilmiah dalam bidang komunikasi dan penyiaran Islam yang mengintegrasikan Islam, sains, teknologi, dan peradaban;
3. Melaksanakan pengabdian dalam bidang komunikasi dan penyiaran Islam secara partisipatif untuk membantu mewujudkan masyarakat yang maju, toleran, dan berperadaban; dan
4. Menjalin kerjasama dalam bidang komunikasi dan penyiaran Islam dengan berbagai pihak demi terwujudnya tridharma perguruan tinggi.

TUJUAN
1. Menghasilkan magister komunikasi dan penyiaran Islam profesional yang memiliki ilmu pengetahuan integratif dalam kajian Islam, sains, teknologi, dan peradaban;
2. Menghasilkan penelitian dibidang komunikasi dan penyiaran Islam yang integratif dengan sains, teknologi, dan peradaban;
3. Menghasilkan karya kreatif dan inovatif dalam bidang komunikasi dan penyiaran Islam yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat; dan
4. Menghasilkan kemitraan dalam bidang komunikasi dan penyiaran Islam yang saling menguntungkan dengan berbagai mitra strategis.

SASARAN
1. Menghasilkan lulusan magister komunikasi dan penyiaran Islam yang selesai tepat waktu sekurang-kurangnya 80%;
2. Setiap tahun menghasilkan sekurang-kurangnya 50 % tesis bidang komunikasi dan penyiaran Islam yang dipublikasikan oleh penerbit nasional; dan
3. Sekurang-kurangnya 25% hasil penelitian karya ilmiah mahasiswa program studi komunikasi dan penyiaran Islam pascasarjana dan dosennya dikutip masyarakat akademik.

PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH PASCASARJANA UIN MATARAM

VISI TAHUN 2020
Unggul dalam tata kelola dan pengembangan ekonomi syariah yang integratif.

MISI
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran ekonomi syariah program magister untuk melahirkan sumberdaya insani yang berwawasan intra-disipliner, inter-disipliner, dan multi-disipliner dalam kajian Islam, sains, teknologi, dan peradaban;
2. Mengembangkan kemampuan penelitian dalam bidang ekonomi syariahdengan pendekatan intra-disipliner, inter-disipliner dan multi-disipliner;
3. Mengimplementasikan keilmuan ekonomi syariah melalui pengabdian masyarakat; dan
4. Menjalin kerjasama dalam bidang ekonomi syariah dengan stakeholders untuk meningkatkan semangat berekonomi syariah.

TUJUAN
1. Menghasilkan magister ekonomi syari’ah yang memiliki wawasan luas, berintegritas, dan memiliki kemampuan analisis kritis implementatif dalam masalah ekonomi;
2. Menghasilkan magister ekonomi syari’ah yang memiliki kemampuan dalam riset ekonomi syariah dengan berbagai pendekatan;
3. Berpartisipasi aktif dalam rangka meningkatkan semangat berekonomi syari’ah yang mampu memberikan solusi terhadap berbagai persoalan ekonomi faktual dan kontekstual di tengah masyarakat; dan
4. Mewujudkan kerjasama yang progresif dan mutualistik dengan semua stakholder untuk mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia.

SASARAN
1. Menghasilkan minimal 80% lulusan yang ahli dan profesional yakni memiliki integritas kekokohan akidah, kedalaman spiritual, keunggulan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional di bidang ekonomi syari’ah;
2. Menghasilkan sekurang-kurangnya 10 tesis bidang ekonomi syariah yang dipublikasi oleh penerbit nasional setiap tahun;
3. Memberikan pelayanan jasa-jasa bagi lembaga Ekonomi Syari’ah minimal 50%; dan
4. Meningkatnya sekurang-kurangnya 50% kerjasama dengan berbagai institusi baik di dalam maupun luar negeri.

PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PASCASARJANA UIN MATARAM

VISI TAHUN 2020
Terdepan dalam mengembangkan manajemen pendidikan Islam yang mengintegrasikan kearifan lokal, nasional dan global berbasis Islam, sains, teknologi, dan peradaban.
MISI
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dengan tata kelola yang baik di bidang manajemen pendidikan yang mengintegrasikan kearifan lokal, nasional dan global berbasis Islam, sains, teknologi, dan peradaban;
2. Menyelenggarakan penelitian di bidang manajemen pendidikan Islam dengan pendekatan inter-disipliner, intra-disipliner dan multi-disipliner dalam mewujudkan research based university;
3. Menyelenggarakan pengabdian di bidang kepemimpinan dan manajemen pendidikan Islam yang bermanfaat bagi masyarakat yang berdaya saing dan profesional; dan
4. Menjalin kemitraan dengan lembaga regional, nasional, dan internasional di bidang kepemimpinan dan manajemen pendidikan Islam.
TUJUAN
1. Menghasilkan magister manajemen pendidikan Islam yang memiliki wawasan luas dan integratif serta keagungan akhlak;
2. Menghasilkan riset di bidang manajemen pendidikan Islam dengan pendekatan inter-disipliner, intra-disipliner dan multi-disipliner dalam mewujudkan research based university yang bermanfaat bagi masyarakat luas;
3. Menghasilkan kreasi dan inovasi secara teoritis dan praktis tentang pengabdian yang berkaitan dengan kepemimpinan dan manejemen pendidikan Islam; dan
4. Memiliki kemitraan dalam bidang kajian, pengabdian dan pengembangan kelembagaan dalam mewujudkan program studi sebagai engine university.
SASARAN
1. Memiliki alumni program studi manajemen pendidikan Islam yang selesai tepat waktu minimal 80%.
2. Melahirkan alumni program studi manajemen pendidikan Islam yang memiliki karya tulis yang terpublikasi di jurnal nasional terakreditasi (20%) dan jurnal internasional bereputasi (5%)
3. Minimal 25% hasil penelitian karya ilmiah mahasiswa program studi manajemen pendidikan Islam Program magister dan dosennya dikutip oleh masyarakat akademik.

PROGRAM STUDI AHWAL SYAKHSIYYAH PASCASARJANA UIN MATARAM

VISI TAHUN 2020
Menjadi program studi magister ahwal syakhsiyyah yang berdaya saing dengan tata kelola yang baik dan pengembangan kajian Islam, sains, teknologi, dan peradaban secara integratif.

MISI
1. Memajukan dan mengintegrasikan kajian Islam, sains, teknologi, dan peradaban dalam penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan pada program studi magister ahwal syakhsiyyah;
2. Memajukan dan mengintegrasikan kajian Islam, sains, teknologi, dan peradaban dalam penyelenggaraan dan pengembangan penelitian pada program studi magister ahwal syakhsiyyah;
3. Memajukan dan mengintegrasikan kajian Islam, sains, teknologi, dan peradaban dalam penyelenggaraan dan pengembangan pengabdian masyarakat pada program studi magister ahwal syakhsiyyah; dan
4. Memajukan kerjasama dalam pengembangan program studi magister ahwal syakhsiyyah.

TUJUAN
1. Menghasilkan magister ahwal syakhsiyyah yang unggul dan cendekia dalam mengintegrasikan kajian Islam, sains, teknologi, dan peradaban;
2. Menghasilkan karya-karya penelitian di bidang ahwal syakhsiyyah yang unggul dan mutakhir dalam mengintegrasikan kajian Islam, sains, teknologi, dan peradaban;
3. Menghasilkan karya-karya penelitian di bidang ahwal syakhsiyyah yang bermanfaat bagi masyarakat luas; dan
4. Menjalin kemitraan yang berkelanjutan dan saling menguntungkan dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang ahwal syakhsiyyah dengan banyak mitra strategis.

SASARAN
1. Menghasilkan lulusanmagister ahwal syakhsiyyah yang selesai tepat waktu sekurang-kurangnya 80%.
2. Menerbitkan 10 publikasi nasional tesis ahwal syakhsiyyah.
3. Menghasilkan 25% hasil penelitian mahasiswa dan dosen ahwal syakhsiyyah yang dikutip oleh masyarakat akademik.
4. Meningkatkan kepercayaan dan minat masyarakat untuk mengikuti pendidikan magister ahwal syakhsiyyah minimal 50%.