Pelaksanaan Yudisium dimulai pada Rabu pagi pukul 8.00 WITA tanggal 16 Januari 2019. Dihadiri oleh peserta yudisium mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Agama Islam (Prodi PAI) untuk Magister, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (Prodi PBA) untuk Magister, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (Prodi MPI) untuk Magister, Program Studi Hukum Keluarga Islam (Prodi HKI) untuk Magister, Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Prodi HKI) untuk Magister, Program Studi Ekonomi Syariah (Prodi ES) untuk Magister. Turut hadir Rektor UIN Mataram, Undangan Dosen UIN Mataram, seluruh jajaran team manajemen  Pascasarjana. Peserta Yudisium ditetapkan berdasarkan SK Direktur Pascasarjana UIN mataram Nomor : 28 Tahun 2018, dengan peserta Yudisium  berjumlah 53 (limapuluh tiga) orang calon wisudawan, terdiri atas Magister Prodi PAI: 9 orang, Magister Prodi MPI: 15 orang, Magister Prodi ES 13 orang, Magister Prodi HKI  13, Magister Prodi KPI 2 orang, Magister Prodi PBA 1 orang.

Adapun isi acara adalah diawali oleh Orasi Ilmiah telah disampaikan oleh salah seorang Dosen tetap Pascasarjana UIN Mataram yaitu  Dr. Nurhilaliati, M.Ag. mengangkat tema: “Revolusi Karakter di Dunia Pendidikan”. Inti dari isi orasinya mengetengahkan fungsi perguruan tinggi sebagai “agent of social change” dan jadilah manusia dinamis seperti brand UIN Mataram Unity, Integrity and Novelty. Sebelumnya acara Yudisium dibuka dan dihadiri oleh pimpinan tertinggi lembaga UIN Mataram yaitu Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. H. Mutawali, M.Ag. dengan inti sambutannya memberikan motivasi kepada peserta yudisium untuk mengembangkan diri di masyarakat dengan selalu memberikan manfaat kepada masyarakat dalam berbagai kondisi. Lebih lanjut Suprapto mengatakan paradigma pendidikan Islam yang maju sebagai tolak ukur keberhasilan moral pendidikan bangsa.

Perwakilan dari Mahasiswa peserta Yudisium Siti Rislul Marwa  (salah satu kandidat cum laude) turut memberikan kesan pesan didepan teman-temannya sesama peserta dan dihadapan Undangan yang hadir yang inti pesannya menjadi alumni bukan perkara mudah karena harus bagaimana mengaplikasikan keilmuan  yang bermanfaat di lingkungan sekitar agar menjadi manusia seutuhnya.

Pada kesempatan itu juga Ketua Acara Yudisium  Dr. H. Fathurrahman, M.Ag mengucap syukur  pada pembukaan acara dengan mengatakan bahwa Yudisium pascasarjana UIN Mataram telah diselenggrakan dengan baik dan sukses. Acara ini terselenggara berkat kerjasama berbagai pihak di Pascasarjana UIN Mataram. Salah satu kewajiban akhir dari pelaksanaan Yudisium ini adalah penyampaian laporan pelaksanaan Yudisium Pascasarjana UIN Mataram. Laporan ini merupakan bagian bentuk dedikasi transparansi pascasarjana UIN Mataram dalam pelaksanaan kegiatan. Acara ditutup dengan pengukuhan peserta Yudisium yang dikukuhkan oleh masing-masing Ketua Program Studi. Fathurrahman juga berpesan kepada wisudawan untuk jangan berhenti belajar dimanapun kita berada.***(nhyla_’19)

***Sumber Akademik Pascasarjana UIN Mataram