Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah mengadakan Bimbingan Teknis Akuntansi Komputer Usaha Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Bagi KSPPS/USOOS-Koperasi  pengelolaan koperasi syariah se-Lombok Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Queen Praya  tanggal 23 s/d 26 April 2019.

Tujuan diklat ini adalah dalam rangka pemberdayaan dan pembentuan koperasi berbasis syariah melalui peningkatan kemampuan dan keterampilan pengurus/pengelola koperasi dalam membuat/mengerjakan administrasi Usaha Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah berbasis komputer. Kegiatan ini  dilaksanakan bagi para pengelola Koperasi baru yang ada di seluruh kabupaten Lombok Tengah.

Salah satu nara sumber dari kegiatan ini berasal dari UIN Mataram, yakni Dr Muslihun, M. Ag selaku Kaprodi Ekonomi Syariah Pascasarjana UIN Mataram. Dr. Muslihun merupakan seorang akademisi dan pegiat pada Lembaga Keuangan Syariah, sehingga sangat tepat mengundang beliau sebagai narasumber pada kegiatan ini.

Dalam kesempatan ini, Kaprodi ES Pascasarjana UIN Mataram Dr Muslim, M. Ag menjelaskan, memaparkan, dan menekankan terkait pentingnya setiap koperasi yang ada menggunaan system lemabag syariah. Beliau menjelaskan sangat detail terkait apa itu system syariah dan system koperasi syariah. Beliau juga merincikan beda untung dan rugi menggunakan system konven atau system syariah, sehingga para peserta mendapat pemahaman yang utuh terkait gambaran umum serta pelaksanaa system syariah pada koperasi.  Pada umumnya, koperasi-koperasi syariah yang ada merasa kesulitan mengembangkan produk-produk syariah tersebut karena belum memiliki pengalaman. Intinya masalah jam terbang saja, misalnya jika produk itu telah dibiasakan maka pasti akan sangat mudah dipraktekkan. Beliau mengisi pada dua kesempatan dengan dua tema berbeda yang saling berkaitan. Tema pertama “Sistem Ekonomi Syariah”, dan yang kedua adalah “Koperasi Syariah di Tengah Masyarakat”. Pada akhir pemberian materi, beliau menekankan untuk tetap istiqomah dalam menjalankan system syariah pada koperasi-koperasi yang ada selain sebagai system baru yang lebih baik, juga sebab kita adalah orang Islam.

Sampai berita ini diterbitkan, kegiatan Bimbingan Teknis ini masih berlansung dengan agenda pembinaan Sumber Daya Manusia di Koperasi Syariah se Kabupaten Lombok Tengah. Berdasarkan Jadwal yang ada, maka kegiatan ini akan berakhir pada esok hari Jum’at 26 April 2019.