Pada tanggal 19 April 2019 bertempat di meeting room “Langko” Fave Hotel Mataram, para calon dosen S2 PAI mengikuti Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Implementasi Horizon Keilmuan UIN Mataram”. Kegiatan FGD diadakan dalam rangka membekali CPNS tenaga pendidik dan kependidikan untuk menjiwai nilai-nilai horizon integratif keilmuan UIN Mataram.

Kegiatan tersebut mendatangkan narasumber dari berbagai instansi, seperti Kepala Subdit SumberDaya Manusia (SDM) Kementerian Riset dan Teknologi Dirjen Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Ir. Mochamad Panji Pujasakti, MT.

Acara FGD tersebut dibuka oleh Rektor UIN Mataram, Bapak Prof. Dr. H. Mutawali, M.Ag dan juga diisi sambutan dari Wakil Rektor I, Bapak Prof. Dr. H. Masnun, M.Ag dan Wakil Rektor II UIN Mataram, Ibu Dr. Faizah, MA. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan-pemaparan dari Tim FGD UIN Mataram.

Pemaparan pertama disampaikan oleh Prof. Dr. H. Masnun, M.Ag “Implementasi Horizon Keilmuan UIN Mataram Berbasis Tri Dharma Perguruan Tinggi”. Pemaparan berikutnya disampaikan oleh Bapak Ir. Mochamad Panji Pujasakti, MT dari Kemenristek Dikti yang menyatakan bahwa dosen yang diangkat dan berstatus calon pegawai negeri sipil dapat mengajukan fungsional dosen dalam pangka dan golongan ruang Asisten Ahli/IIIb bagi yang berijazah magister dan Lektor/IIIc bagi yang berizajah doktor, beliau juga menjelaskan bagaimana dosen baru yang berpangkat asisten ahli bisa melakukan akselerasi ke pangkat lektor begitupula dosen yang berpangkat lektor bisa melakukan akselerasi ke pangkat lektor kepala.

Kegiatan FGD ditutup dengan penyimpulan yang diwakili oleh Prof. Dr. H. Masnun, M.Ag yang menyatakan bahwa dosen baru harus banyak melakukan penelitian dan publikasi di jurnal bereputasi, sehingga UIN bisa dikenal baik ditataran nasional (national recognition), regional (regional recognition), dan internasional (International recognition).