Selasa, 16 Juli 2019, Kaprodi Magister PBA Pascasarjana UIN Mataram, Dr. H. Dedy Wahyudin, MA menjadi salah seorang Nara Sumber dalam acasa FGD (Focused Group Discussion) “Islamic Center Sebagai Pusat Peradaban” di Kantor Harian Suara NTB, Jalan Bangau Cakranegara Mataram. Hadir juga sebagai Nara Sumber: Dr. H. Adi Fadli, M.Ag (Katib Suriah PWNU NTB), Agus Talino (Direktur Radio Global FM Lombok). Redaktur Pelaksana Suara NTB, M. Azhar mengatur lalu lintas pembicaraan di FGD sebagai moderator.

            Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik NTB, I Gede Putu Ariyadi selaku tuan rumah acara FGD membuka pembicaraan bahwa visi NTB Gemilang yang diusung Dr. Zulkifliemansyah, Gubernur NTB periode 2018-2023 secara eksplisit menyebutkan program menjadikan Islamic Center NTB sebagai pusat peradaban. “Oleh karena itu, FGD diperlukan untuk udar gagasan bagaimana menjadikan IC NTB menjadi pusat peradaban itu.”, ujarnya di hadapan sekitar 30 orang pesertas FGD yang terdiri dari para kepala dinas di lingkungan Pemprov NTB, akademisi dari beberapa perguruan tinggi, jurnalis dan mahasiswa.

            Forum FGB berlangsung dinamis dan cukup kaya karena latar belakang para nara sumber yang merupakan gabungan kalangan praktisi dan akademisi. Intinya, semua peserta bersepakat mendorong IC NTB sebagai pusat peradaban dengan menghimpun sumber daya terbaik sebagai pemikir dan pengelola IC; belajar dari kisah sukses IC di dunia Islam seperti Al Qarawiyyin di Maroko dan Al Azhar di Mesir; dan menjadikan IC NTB ke depan bukan sekedar bagian dari organisasi pemerintahan di Pemprov NTB tetapi sebagai gerakan umat yang menjadi jangkar bagi seluruh potensi umat di NTB. Dengan demikian, NTB bisa menyumbang peran jauh lebih strategis untuk kemakmuran dan perdamaian dunia. (Abdul Aziz)