Peningkatan mutu akademik merupakan komitmen Tim Manajamen Pascasarjana UIN Mataram. Sebagai salah satu upaya untuk menjaga kualitas atau mutu kegiatan akademik di Pascasarjana, selama seminggu terakhir, hari tim Audit Mutu Internal (AMI) LPM UIN Mataram melakukan monitoring dan evaluasi di semua prodi S2 dan S3. Kaprodi S2 HKI, Kaprodi S2 ES, Kaprodi S2 PAI, Kaprodi S2 MPI, Kaprodi S2 PBA, Kaprodi S2 KPI dan Kaprodi S3 PAI didampigi staf akademik masing-masing prodi secara serius memberikan informasi kepada tim AMI. Sesuai jadwal yang telah disepakati bersama, Tim AMI berdialog secara langsung dengan dengan para Kaprodi dan tim akademik pascasarjana. Sejumlah pertanyaan berkaitan dengan proses perkuliahan, kedisiplinan dosen dan mahasiswa, target pencapaian perkuliahan dan lain-lain menjadi fokus utama tim monev AMI LPM UIN Mataram.

Seperti tampak dalam gambar Kaprodi S3 Pendidikan Agama Islam menerima kunjungan tim yang diketuai oleh Doktor Maulidin bersama ibu Any Tsalasati Fitri. Kegiatan monev ini merupakan kegiatan rutin yang dimaksudkan sebagai kontrol atas pelaksanaan pelayanan akademik di pascasarjana berlangsung secara benar sesuai dengan pedoman dan aturan yang berlaku. Mellaui kegitan ini, Tim AMI juga memberikan beberapa rekomendasi semisal perlunya kontrol implemnetasi Rencana pembelajaran smester (RPS) pada setiap dosen.

Tim juga merekomendasikan pihak Prodi untuk mendorong mahasiswa agar segera menyelesaikan tesis maupun disertasi tepat waktu. Tim AMI juga memberi apresiasi kepada pihak pascasarjana yang telah mewajibkan mahasiswa melakukan plagiarism checker terhadap semua karya tulis mereka agar tidak terjadi tindak plagiasi alias menjiplak karya milik orang lain.