Sejumlah Mahasiswa  Pascasarjana UIN Mataram program studi Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI) mengikuti Workshop workshop Sistem Pembelajaran daring: Iktiar Peningkatan Akses, Relevansi, dan Mutu Pendidikan Tinggi di era Industri 4.0. Kegiatan ini digelar pada tanggal 20 April 2015 di ruang Auditorium UIN Mataram mulai pukul 08.00 – selesai.

Kegiatan yang menghabiskan kurang lebih delapan jam ini ditaja oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Mataram yang diketuai oleh Ibu Dr. Hj. Lubna,M.Pd.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan pembelajaran secara daring menggunakan portal elearning.uinmataram.ac.id. kepada Mahasiswa Kegurauan termasuk mahasiswa pascasarjana dengan prodi magister PAI yang akan menjadi praktisi pendidikan Islam khususnya pada bidang akademik dan prodi magister MPI sebagai praktisi pendidikan Islam pada bidang structural dan manajerial.

Kegaiatan yang diataja oleh FTK UIN Mataram ini juga selain pesertanya dari pascasarjana, juga peserta berasal dari setiap fakultas yang diusulkan oleh dekan masing-masing. Guna untuk mahasiswa memiliki mutualisme dalam memahami SPADA dan mengimplementasikannya di tempat mahasiswa menjadi guru khusunya bagi mahasiswa pascasarjana yang mayoritas sudah bekerja sebagai pendidika dan tenaga kependidikan baik disekolah dasar dan menengah.

Sistem Pembelajaran daring yang diakan dikembangkan di kampus kemudain ditransfer kepada mahasiswa merupakan konsekuensi atas kemajuan teknologi, maka penyesuain pembelajaran system teknologi berbasis E-learning adalah keniscayaan. Oleh karena itu, guna mempersiapkan SDM yang siap kerja dalam bidang pendidikan dalam pengembangan system pendidikan mahasiswa selalu dilibatkan oleh UIN Mataram.

Dalam workshop, selain penyampaian teori, pemateri juga lebih menekankan pada masalah praktis yaitu peserta (mahasiswa) diajak untuk mengoprasikan elearning daring. Fitur-fitur canggih dalam portal e-learning meliputi fitur mengunggah materi, mengunggah pdf, mengunggah video, mengunggah tautan video dan lainnya. Secara spesifik juga terdapat fitur forum, fitur diskusi, dan tugas secara daring. Banyak hal yang bisa dimanfaatkan melalui e-learning ini. Harapan nya semoga mahasiswa mampu menerapkan secara langsusng di satuan pendidikan dan siswa yang menjadi binaan kedepannya akan lebih antusias untuk belajar dengan memanfaatkannya segala prangkat teknologi dalam pembelajaran mereka, terlebih e-learning saat ini tengah jadi primadona pengembangan pembelajaran disekolah untuk merespon perubahan di era digital.

Dengan diselenggarakannya workshop ini, diharapkan kedepannya mahasiswa yang menjadi produk (out put) UIN Mataram akan siap pakai,  menjadi agen perubahan pengembangan pembelajaran khusunya pada sistem pembelajaran daring secara lebih intuitif, integratif, dan efektif.