Berita Humas: Menindak lanjuti realisasi program aplikasi Dashboard e-SMS, UIN Mataram mengadakan rapat kordinasi dan evaluasi hasil  pengisian Dashboard e-SMS pada tanggal 10 April 2019 di Ruang Sidang Rektor UIN Mataram. Rapat dipimpin langsung Wakil Rektor I dan Kepala Biro AAKK UIN Mataram. Kegiatan rapat dihadiri oleh tim Dashboard e-SMS UIN Mataram yang terdiri dari seluruh ketua lembaga, kabak TU setiap fakultas dan seluruh operator unit kerja, termasuk didalamnya pascasarjana UIN Mataram.

Menindak lanjuti realisasi program aplikasi Dashboard e-SMS, UIN Mataram mengadakan rapat kordinasi dan evaluasi hasil  pengisian Dashboard e-SMS pada tanggal 10 April 2019 di Ruang Sidang Rektor UIN Mataram. Rapat dipimpin langsung Wakil Rektor I dan Kepala Biro AAKK UIN Mataram. Kegiatan rapat dihadiri oleh tim Dashboard e-SMS UIN Mataram yang terdiri dari seluruh ketua lembaga, kabak TU setiap fakultas dan seluruh operator unit kerja, termasuk didalamnya pascasarjana UIN Mataram.

Dalam pengantar rapat, Prof. Dr. H. Masnun, M.Ag selaku Warek I menjelaskan program Strategic Management System (SMS) ini merupakan upaya pemeringkatan bagi PTKIN dalam rangka peningkatan tata kelola menuju Good University Governance (GUG) dengan didasari konsisten, integritas, dan pengembangan inovasi. Sehingga aplikasi Dashboard e-SMS yang diproyeksiksn Direktorat Jenderal Pendidikan Islam sebagai medium monitoring pemerintah terhadap kinerja kerja unit-unit di PTKIN dan PTKIN itu sendiri.

Drs. H. Subuhi, MPd. Selaku  Kepala Biro AAKK menambahkan program Dashboard e-SMS merupakan aplikasi control secara berjenjang, hasil pengisian e-SMS pada tiap-tiap unit kerja akan terbaca di akun aplikasi e-SMS Rektor, demikian juga hasil akumulasi pengisian e-SMS rektorat PTKIN akan terlihat pada akun aplikasi e-SMS di Kementian Agama RI, sehingga masing-masing unit kerja akan terecord oleh pemerintah. Beliau menambahkan, ada implikasi baik e-SMS terhadap perkembangan kampus  diantaranya; penekanan green kampus seperti kampus harus terbebas dari rokok, peningkatan kegiatan spiritual kampus seperti sholat berjama’ah, penguatan teaching learning development, impelemntasi program doubel degree, peningkatan mahasiswa student exchange, pengelolaan jurnal terakreditasi nasional dan jurnal internasional bereputasi (scopus/thomson reuters, dan kinerja lain yang bersekala internasional dan implikasi lainnya yang terdapat dalam instumen e-SMS.

Sebagai koordinator program Dashboard e-SMS UIN Mataram, Hamdy menyampaikan laporan hasil e-SMS tiap-tiap unit kerja UIN Mataram. Bahwa secara keseluruhan hasil partisipatif pengisian sudah delapan puluh persen, dan hasil nilai keseluruhan mencapai nilai BAIK, menjadikan UIN Mataram masuk 5 besar PTKIN dalam progress pengisian  Dashboard e-SMS. Terkhusus hasil laporan untuk Pascasarjana sebagai unit yang angka partisipatifnya 100% dengan hasil nilai instrument baik atau kuning. Hamdy juga memberikan saran kepada operator Dashboard e-SMS suapaya dalam pengisian instrument berdasakan data dan upayakan instrumen terisi semua dengan hasil yang baik (terpenuhi harapan instrumen). Namun berusaha sekeras mungkin menghindari pengisian instrument dengan data “hoak” (fiktif atau manipulatif)  karena akan berdampak meluas saat verifikasi data oleh tim asesor internal institusi maupun asesor eksternal terutama pada dua standar terakhir CAU dan GRU. Itulah kenapa dalam pengisian instrument harus berdasarkan persetuuan pimpinan unit karena penanggungjawab isian e-SMS adalah pimpinan unit dan operator tugasnya hanya mengentri saja.

Dengan program Dashboard e-SMS diharapkan berdampak positif untuk pengembangan PTKIN yang termasuk didalamnya UIN Mataram, karena di dalamnya terdapat empat hal yang harus dimiliki oleh PTKIN yaitu pertama, komponen pengajaran 20 persen. Kedua, fasilitas, sumber daya dan supporting staff 25 persen. Ketiga, kepemimpinan, manajemen dan tata kelola 40 persen. Dan keempat, penelitian, publikasi, pengabdian-layanan pada masyarakat dan kerjasama 15 persen.

Karena program Dashboard e-SMS sangat strategis untuk meningkatkan tata kelola kampus menuju Good Univesity Governance  maka laporannya akan dilakukan secara berkelanjutan secara teknis pengumpulan data perbulan dan laporan pertahun. Dan untuk susksenya program ini, pimpinan UIN mataram akan memberikan sosialisasi ke seluruh pimpinan unit agar dapat mensupport sepenuhnya program Dashboard e-SMS ini.