Kamis, 09 Mei 2019.
Prof. Dr. H. Masnun, M. Ag., bersama Rektor dan Ketua PTKIN se-Indonesia, mengikuti Semiloka Dewan Riset Keagamaan Nasional tanggal 09-10 Mei 2019, di The Alana Hotel, Bogor.Acara semiloka berlangsung selama dua hari, dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas penelitian di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Tugas dan fungsi Dewan Riset Keagamaan Nasional, meliputi:

  1. Membantu Menteri Agama dalam merumuskan arah prioritas utama dan kerangka kebijakan pemerintah di bidang penelitian pengembangan dan penerapan ilmu dan sains keagamaan.
  2. Memberikan berbagai pertimbangan kepada Menteri Agama dalam penyusunan kebijakan strategis pembangunan nasional ilmu dan sains keagamaan.

Rangkaian acara selama hari diisi dengan kegiatan: registrasi dan check-in, orientasi kegiatan dan brainstoorming, pembukaan,
agenda strategis dan prioritas Dewan Riset Keagamaan Nasional.Materi semiloka meliputi:

  1. Agenda Riset Keagamaan Nasional, Oleh : Dr. H. Suwendi, M.Ag.
  2. Eksistensi Dewan Riset Keagamaan Nasional dan Penguatan Kualitas Penelitian di PTKI, Oleh: Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M.A. (Direktur PTKI) .
  3. Kebijakan Dewan Riset Keagamaan Nasional, Oleh : Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin (Dirjen Pendidikan Islam).
  4. Urgensi dan Signifikansinya Melalui ARKAN 2018-2028, Oleh: Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA, M.Phil., Ph.D.

Hasil dari semiloka telah lahir Pokja Pengembangan Penelitian Keagamaan PTKIN dengan tugas sebagaimana berikut:

  1. Melakukan diseminasi agar tema-tema Arkan menjadi diskursus akademik dan rujukan bagi riset-riset di lingkungan PTKIN-S
  2. Mengembangkan clusterisasi tema-tema Arkan berbasis kewilayahaan sesuai dengan kekuatan-potensi PTKIN-S agar tema riset yang diusung memiliki relevansi dan kemanfaatan yang kuat
  3. Mengembangkan kontrol jaminan mutu riset yang telah memperoleh pendanaan dari Kementrian Agama

Dalam mengembangkan tugas tersebut. Kasubdit penelitian, publikasi dan pengabdian masyarakat PTKI memfasilitasi kegiatan-kegiatan Pokja.