Acara diskusi Orientasi Mahasiswa Baru (OAM) Pascasarjana UIN Mataram berjalan lancar, dimulai pada pukul 10.00 – 11.00 WITA. Dengan tema diskusi: “system penulisan karya ilmiah pascasarjana”.

Pascasarjana UIN Mataram masih sentral, bukan bagian dari fakultas. Lain halnya dengan kampus lain seperti UIN Syarif Hidayatullah yang dibawah fakultas namanya Program Studi (Prodi) Pascasarjana. Sehingga dalam penulisan Cover dalam makalah, artikel, tesis, dan desertasi ditempatkan paling bawah dengan menggunakan istilah “Pascasarjana UIN Mataram”.

Dalam system penulisan karya ilmiah ada istilah metodologi penelitian. Ada beberapa langkah yang dilakukan yaitu: semester I pengajuan judul. Jika sudah di ACC, maka mahasiswa diberikan bimbingan. Pada seester II bimbingan proposal. Dan pada semester III bimbingan Tesis. Sehingga ujian tesis semester III ujian tesis. Para mahasiswa bisa menyelesaikan tesis dan desertasi secepatnya.

Mahasiswa pascasarjana UIN Mataram mempunyai target dalam hal penulisan karya ilmiah, agar secepatnya selesai dari Pascasarjana UIN Mataram. Oleh karena itu para mahasiswa pascasarjana UIN mataram wajib membaca dan memahami pedoman penulisan artikel, makalah, proposal, tesis, dan desertasi mulai dari awal sampai akhir. Misalnya aturan dalam nama penulisan, penulisan foot note, metodologi penelitian dan lain sebagainya. Membaca ulang kembali proposal yang pernah diajukan jangan sampai ada plagiasi dalam membuat artikel, makalah, proposal, tesis dan desertasi. Dibuat dengan sebaik-baiknya sesuai kaidah EYD. Ingat bahwa kesuksean ada pada diri kita masing-masing. Setiap mahasiswa harus punya target, jadwal dan deadline yang harus dibuat setiap harinya. Sehigga tidak ada kata terlambat, dan selesai tepat waktu.