DOKUMEN LAMPIRAN BORANG 3A PBA UIN MATARAM

STANDAR 1

  • SK Nomor 49 2018 tanggal 12 Maret 2018 tentang tim penyusun visi, misi, target dan strategi (VMTS) Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana.
  • Rapat pendahuluan penyusunan rancangan visi, misi, strategi dan sasaran Prodi Magister 
  • Rapat penyusunan rancangan visi, misi, strategi dan sasaran Prodi Magister PBA Pascasarjana UIN Mataram.
  • Rapat laporan hasil penyusunan rancangan visi, misi, strategi dan sasaran Prodi PBA Pascasarjana UIN Mataram.
  • SK Nomor 22 tahun 2018, tertanggal 19 Maret 2018 tentang Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana Universitas Islam Negeri Mataram.
  • Pertemuan yang dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2018 di Aula Pascasarjana UIN Mataram. (Photo Kegiatan)
  • Pertemuan yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 18 Maret 2018 di Lesehan Gading Bundaran Jempong Mataram. (Photo Kegiatan)
  • SK Nomor 22 tahun 2018, tertanggal 19 Maret 2018 tentang Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana Universitas Islam Negeri Mataram.
  • Pemangku Kepentingan Internal. 
  • Pemangku Kepentingan Eksternal. 
  • Sosialisasi Dalam Bentuk Tatap Muka. 
  • Sosialisasi Melalui Website, Media Sosial, Cetak dan Elektronik
  • Butir Instrument

STANDAR 2

  • SK Rektor UIN Mataram Nomor 2419 Tahun 2017, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana UIN Mataram
  • Transparan (Photo Kegiatan)
  • Pelaksanaan Kegiatan (Photo Kegiatan)
  • SOP Pengelolaan keuangan UIN   Mataram
  • PMA Nomor 18 tahun 2017 tentang ORTAKER UIN Mataram Pasal 31 dan 32
  • Dokumen tentang aturan etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur pelayanan.
  • Renstra (Rencana Strategis)
  • Kepemimpinan Organisasi: SK Direktur Pascasarjana UIN Mataram Nomor 52 Tahun 2018 tanggal 13 Maret 2018.
  • SK Kepengurusan di organisasi
  • Renstra UIN Mataram 2018-2022
  • Keputusan Rektor UIN Mataram Nomor 856 A Tahun 2018 tentang Penetapan SOP Program Pascasarjana UIN Mataram sebagai acuan dalam mengelola seluruh kegiatan di Pascasarjana UIN Mataram dan Prodi-Prodi yang bernaung di bawahnya.
  • SK Direktur Pascasarjana UIN Mataram Nomor 52 Tahun 2018 tentang Renstra Pascasarjana UIN Mataram, Buku SOP Pascasarjana UIN Mataram halaman 36-38, dan SK Direktur Pascasarjana UIN Mataram tentang Tugas dan Fungsi Kaprodi dan Sekretaris Prodi di lingkungan Pascasarjana UIN Mataram.
  • Short Course “Training Quality Assurance in Higher Education (SK/Sertifikat Kasubag Pascasarjana (Hermansyah, S.Sos))
  • Workshop Penguatan dan Pendampingan Akreditasi Prodi  (Photo Kegiatan)
  • Workshop Akreditasi Institusi dan Prodi Prodi  (Photo Kegiatan)
  • PMA Nomor 18 Tahun 2017 tentang Ortaker UIN Mataram Pasal 66 Tindak Lanjut Terhadap Pelaporan Pelaksanaan
  • RTM terakhir dilaksanakan pada hari Selasa, 27 November 2018 di Hotel Grand Madani Mataram. (Photo Kegiatan)
  • Upaya untuk peningkatan animo calon mahasiswa (Photo Kegiatan)
  • Upaya untuk peningkatan mutu lulusan: (Photo Kegiatan)
  • Upaya untuk pelaksanaan dan hasil kerjasama kemitraan: (MoU)

STANDAR 3

  • Kebijakan Rekrutmen Calon Mahasiswa Baru SK Nomor 11 tahun 2018 pedoman penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2019/2019.
  • Dokumen tentang sistem rekrutmen yang mencakup: kebijakan rekrutmen, kriteria seleksi mahasiswa baru, sistem pengambilan keputusan, dan prosedur penerimaan mahasiswa baru.
  • Daftar lulusan dalam lima tahun terakhir (termasuk IPK)
  • Bukti prestasi/reputasi yang dicapai mahasiswa di bidang akademik dan non-akademik (prestasi dalam penelitian, lomba karya ilmiah, olah raga, seni dsb)
  • Dokumen (kuesioner dan hasil) kinerja lulusan oleh pihak pengguna.
  • Laporan kegiatan himpunan alumni.
  • SK Rektor Nomor 507 Tahun 2018 tentang Pengurus IKAPSA Periode 2018-2022.

STANDAR 4

  • SK Rektor Nomor : A/In.7/PP.00.9/SK/02/2017 yang diterbirkan pada bulan Februari 2017.
  • SK Rektor IAIN Mataram Nomor 943.A/In.07/Pp.00.9/SK/2017 tentang Penetapan Standar Operasional Prosedur di lingkungan IAIN Mataram.
  • SK Rektor IAIN Mataram Nomor 03.A/In.07/KP.0.07/01/2017
  • SK Rektor UIN Mataram Nomor 769 A Tahun 2018.
  • SOP Rekrutmen Dosen Tetap sebagaimana diatur dalam buku SOP AUPKK halaman 86-87
  • SK Rektor Nomor 2419 Tahun 2017, Dr. Dedy Wahyudin, MA ditetapkan sebagai Kaprodi PBA Pascasarjana UIN Mataram Periode 2017-2021.
  • SK Rektor Nomor 600 Tahun 2018, Dosen Tetap Prodi PBA Pascasarjana UIN Mataram
  • Pedoman tertulis tentang sistem rekrutmen (termasuk persyaratan akademik dan pengalaman), penempatan, pengembangan, retensi dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan.
  • 4.2: Pedoman tertulis tentang monitoring dan evaluasi, serta rekam jejak kinerja akademik dosen dan tenaga kependidikan.
  • Bukti tentang kinerja dosen di bidang pendidikan, penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat.
  • 4.3.1 :  Fotokopi ijazah dan sertifikat pendidik dosen tetap PS.
  • 4.4 : Fotokopi ijazah dan sertifikat pendidik dosen tidak tetap.
  • 4.5.2 : Bukti kehadiran tenaga ahli/pakar dari luar PT sebagai pembicara dalam seminar/pelatihan, sebagai pembicara tamu, dsb.
  • Bukti kehadiran tenaga ahli/pakar dari luar PT sebagai pembicara dalam seminar/pelatihan, sebagai pembicara tamu, dsb.
  • 4.5.4.1: Bukti kegiatan dosen tetap sebagai pakar/konsultan/staf ahli/ narasumber di luar PT.
  • 4.5.4.2: Bukti keanggotaan dosen tetap dalam himpunan/asosiasi profesi dan atau ilmiah nasional dan internasional.
  • 4.5.4.3: Bukti dosen tetap sebagai visiting professor di PT lain tingkat nasional atau internasional.
  • 4.5.5: Bukti pencapaian prestasi/reputasi dosen tetap (dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat). Tidak termasuk ceramah, penyajian makalah, simposium, seminar.
  • 4.6.1: Fotokopi ijazah dan sertifikat vokasi tenaga kependidikan.

STANDAR 5

  • 5.1.1: Kurikulum pendidikan magister.
  • 5.1.3: Dokumen pendukung kegiatan peninjauan kurikulum.
  • 5.2: Dokumen tentang persyaratan mengikuti pendidikan magister, proses, pelaksanaan, dan persyaratan kelulusannya.
  • 5.3: Dokumen monitoring dan evaluasi pelaksanaan perkuliahan.
  • 5.4: Dokumen tentang sistem pembimbingan penelitian tesis dan penulisan tesis
  • 5.5: Dokumen tentang sistem monotoring dan evaluasi proses pembelajaran (masing-masing untuk proses penyusunan usul penelitian dan pelaksanaan penelitian tesis, proses penulisan tesis, kelayakan dosen dalam proses pembimbingan, ujian akhir studi magister).
  • 5. 6: Dokumen tentang kebijakan untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif serta bukti-bukti pelaksanaan kegiatannya.

STANDAR 6

  • 6.1: Notulen rapat/ bukti keterlibatan PS dalam perencanaan anggaran dan pengelolaan dana.
  • 6.2.3: Kontrak penelitian.
  • 6.4.1: Daftar pustaka yang relevan dengan PS, yang dipilah berdasarkan kategorinya.
  • 6.5.1: Daftar software, petunjuk pemanfaatan SIM.

STANDAR 7

 

  • 7.1.1: Hasil penelitian dosen tetap (rekapitulasi judul dan dokumen laporan hasil penelitian)
  • Bukti keterlibatan dengan jaringan penelitian nasional atau internasional.
  • Tesis
  • 7.1.4: Bukti artikel ilmiah/karya ilmiah/karya seni/buku yang dihasilkan oleh dosen tetap.
  • 7.1.7: Surat paten/HaKI atau surat pengakuan/penghargaan dari lembaga nasional/ internasional.
  • 7.2: Hasil pelayanan/pengabdian kepada masyarakat (rekapitulasi judul dan dokumen laporan PkM) yang jumlah judulnya ada dalam borang.
  • 7.3.1: Dokumen pendukung kegiatan kerjasama dengan instansi dalam negeri
  • 7.3.2: Dokumen pendukung kegiatan kerjasama dengan instansi luar negeri

KAJIAN RUTIN ROMADHON

Kegiatan kajian romadhon yang dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2019 M. yang disampaikan oleh Guru Besar  Dosen Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Pascasarjana UIN Mataram Prof. Dr. TGH. Fahrurrozi, QH, MA., bertempat di Musolla UIN Mataram...